Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tanggulangi Kekerasan SARA, Pemerintah Akan Bentuk Satgas

Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat (tengah) didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius (kiri)

Navigasinews- Pemerintah Indonesia berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menjaga toleransi Agama dan Budaya. Langkah pemerintah ini merupakan upaya sistematis untuk menangkal arus konflik yang didorong oleh isu SARA. Sehingga, upaya-upaya memecah belah warga negara dapat diminimalisir dengan tindakan-tindakan preventif satgas tersebut.

Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM Imdadun Rahmat menjelaskan, satgas yang akan diberntuk pemerintah bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya upaya radikalisasi dan penyebaran ideologi kekerasan.

“Akan dibentuk tim khusus semacam task force (satuan tugas, -red) untuk meng-handle penyebaran-penyebaran ideologi kekerasan, radikal, fundamentalis, dan virus-virus kekerasan,” jelas Imdadun di Istana Merdeka, Jumat (9/12/2016).

“Jadi kalau ada kelompok intoleran melakukan pelanggaran hukum maka pemerintah tidak akan ragu-ragu untuk menindak,” ujar Imdadun.

Sementara itu, Menkum HAM Yasonna Laoly mengatakan, satuan tugas itu masih dikaji. Rencananya, Presiden akan membentuk satgas tersebut melibatkan kelompok-kelompok sipil.

“Bahkan presiden katakan akan mencari juga dari kelompok-kelompok sipil. Dan juga dalam rangka penguatan nasionalisme dan kebangsaan. Bagaimana ideologi negara, Pancasila, jadi bersamaan dengan itu,” kata Laoly.(GS)

Be the first to comment on "Tanggulangi Kekerasan SARA, Pemerintah Akan Bentuk Satgas"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*