Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Ubah Acuan Mata Uang Perekonomian Ke Yuan, Indonesia Serius Gertak AS dan Jepang

Yuan VS Dollar

Navigasinews- Rencana peralihan acuan mata uang (kurs) dari Dollar ke Yuan yang diinisiasi pemerintahan Joko Widodo mengundang reaksi Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafidz Tohir. Hafidz menilai, tujuan pemerintahan Jokowi mengubah acuan mata uang perekonomian Indonesia tidak lain hanya untuk menggertak pemerintahan Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Gagasan peralihan acuan mata uang tersebut, lanjut Hafidz, dapat menghasilkan pertemuan-pertemuan diplomasi baru yang akan dilakukan Amerika dan Jepang kepada Indonesia. Hasilnya, AS dan Jepang akan dituntut merealisasikan komitmen negaranya untuk dapat menambah investasi di Indonesia.

“Supaya realisasi investasi untuk 2017 dari Negara-negara maju lebih meningkat ke Indonesia” jelas Hafidz kepada pewarta pada Jumat (9/12/2016)

Indonesia akan menghadapi risiko yang serius jika tetap menggunakan Yuan sebagai alat tukar dan acuan perekonomian negera. Karena, perekonomian Tiongkok juga belum stabil. Imbasnya, para pelaku ekonomi dalam negeri akan mengalami ketidakpastian.

“Hal ini akan memberikan risiko dan ketidakpastian bagi pelaku ekonomi di Indonesia” ujarnya.

Wakil rakyat yang berasal dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) tersebut mengatakan, Indonesia sempat mewacanakan penggunaan mata uang Euro sebagai acuan dalam aktivitas perekonomian Negara. Namun, Indonesia lebih memilih tetap menggunakan Dollar Amerika karena relatif lebih stabil dibandingkan Euro yang terbilang baru dan rentan perpecahan.

“Dulu sempat ada wacana untuk menjadikan Euro menjadi alat tukar utama, tetapi sangat riskan menggunakan Euro, karena selain mata uang baru euro juga relatif fragile karena rentan terhadap perpecahan,” jelasnya mengungkit

Ia meminta Pemerintah harus mempertimbangkan dengan amat cermat dan penuh kehati-hatian atas prospek perekonomian dan setiap risiko yang dapat ditimbulkan jika menghendaki perubahan acuan mata uang dalam aktivitas perekonomian Negara. (GS)

Be the first to comment on "Ubah Acuan Mata Uang Perekonomian Ke Yuan, Indonesia Serius Gertak AS dan Jepang"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*