Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Presiden Korsel, Park Geun Hye Resmi Dimakzulkan

Presiden Korsel, Park Geun Hye saat meminta maaf di hadapan publik

Navigasinews- Presiden Korea Selatan Park Geun Hye secara resmi telah dimakzulkan. Geun Hye dipastikan lengser dari jabatannya, setelah 234 dari 300 jumlah keseluruhan anggota Parlemen Korea Selatan menyetujui pemakzulannya. Dan 56 anggota parlemen lainnya menentang pemakzulan Geun Hye.

Seperti rilis Korea Time, Jumat (9/12/2016), Perdana Menteri Hwang Kyo Ahn dikabarkan akan menggantikan posisi Geun Hye yang kosong. Kyo Ahn akan diresmikan sebagai Presiden sementara sesuai konstitusi beberapa jam kemudian.

Meskipun opsi pemakzulan yang diajukan Parlemen Korea Selatan kepada Geun Hye telah didukung mayoritas anggota parlemen, namun pelengseran Geun Hye dari jabatannya sebaga Presiden Korsel masih tetap akan dilanjutkan pembahasannya dalam sidang yang akan digelar oleh Mahkamah Konstitusi Korsel, dengan tenggak waktu selama enam bulan.

Dalam perkara ini, Mahkamah Konstitusi Korsel memiliki wewenang untuk meninjau kembali keputusan pemakzulan yang digulirkan Parlemen Korsel. Hanya dibutuhkan enam dari sembilan suara hakim anggota untuk memastikan keabsahan opsi pemakzulan tersebut. Jika pemakzulan ditolak, maka Geun Hye secara otomatis akan kembali menduduki tampuk kepemimpinan negara Korea Selatan. Tapi jia Pemakzulan disahkan oleh mayoritas hakim anggota, maka Geun Hye secara konstitusional sah untuk dilengserkan.

Pemakzulan Park Geun Hye akan menjadi sorotan penting dalam dinamika politik modern negeri gingseng tersebut. Jika benar, maka Geun Hye akan menjadi Presiden pertama yang dilengserkan selama Republik Rakyat Demokratik Korea berdiri. (GS)

Be the first to comment on "Presiden Korsel, Park Geun Hye Resmi Dimakzulkan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*