Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Mengapa Ali Lubis Tuntut Ahok 470 Miliar?

Ali Hakim Lubis Memperlihatkan Surat Gugatannya di PN Jakpus (8/12/2016) [Foto: Detik.com]

Navigasinews – Wakil Ketua Aku Cinta Tanah Air (ACTA), Ali Lubis menuntut ganti rugi sebesar Rp 470 M terhadap tersangka kasus penistaan agama, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Tuntutan tersebut diajukan melalui gugatan class action di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (8/12/2016).

“kami mendaftarkan gugatan class action ganti kerugian kepada Ahok di PN Jakut yang saat ini berkantor di Jalan Gajah Mada No 17 Jakarta Pusat. Gugatan diajukan dengan mekanisme class action mengingat jumlah warga negara Indonesia yang beragama Islam sangat banyak,” ujar kuasa hukum Ali Lubis, Nurhayati di Gedung PN Jakpus, Jalan Gajah Mada No 81, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2016).

Nurhayati megungkapkan bahwa Ali Lubis mengajukan gugatan atas nama Umat Islam yang anti terhadap Ahok. Gugatan tersebut tidak mengatas-namakan organisasi ACTA kendatipun Ali Lubis adalah wakil ketua.

“Kelompok dalam gugatan ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang beragama Islam dan wakil kelompok dalam gugatan ini adalah Ali Hakim Lubis, seorang warga negara Indonesia beragama Islam,” paparnya.

Nurhayati mengatakan tuntutan utama dalam gugatan clas action ganti rugi sebesar Rp 470 miliar. Serta meminta Ahok untuk memasang iklan permintaan maaf di sembilan surat kabar nasional.

“Menghukum tergugat untuk membayar ganti kerugian materiil kepada penggugat sebesar Rp 470 M yang akan didistribusikan kepada seluruh anggota kelompok dalam bentuk pembuatan fasilitas ibadah umat Islam yang dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia di setiap kabupaten kota di seluruh Indonesia. Serta menghukum tergugat dalam waktu paling lama 10 hari sejak putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap, dengan memasang iklan satu halaman penuh di sembilan surat kabar nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ali Lubis membenarkan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk keperluan pembangunan rumah-rumah ibadah, masjid.

“Intinya kita akan menggunakan untuk perjuangan Islam ke depan, dengan dari anggaran ini kita buatkan hal-hal seperti penistaan agama. Intinya untuk perjuangan umat seperti pembangunan masjid,” tuturnya.

Menurut Ali, Upaya gugatan tersebut telah mendapat persetujuan dari umat Islam yang anti Ahok. Dirinya pun membeberkan alasan gugatan ini yang diwakilkan olehnya.

“Hanya kelemahannya tidak semua orang bisa menggugat. Jadi kami mewakili dalam hal ini yang mengerti hukum untuk mengajukan gugatan,” paparnya.

Ali menerangkan bahwa nominal Rp 470 miliar tersebut hasil perhitungan biaya yang dikeluarkan umat Islam dalam kegiatan aksi kemarin. Biaya pengeluaran tersebut dikalkulasikan dengan jumlah umat yang turun ke jalan.

“Rp 470 miliar ini kan kita kalkulasi dari aksi kemarin. Minimal orang yang ikut aksi kemarin mengeluarkan uang Rp 100 ribu. Karena ada yang cerita mereka biaya sendiri, enggak dibayar. Kita menghitung tidak semua. Dari aksi pertama kedua, ada jumlah kurang lebih 4.700 orang dari tiga aksi tersebut. Ini kan minimal, kami tak menghitung biaya rinci per orang, seperti ada biaya hotel perorangan,” pungkasnya. (FR/DT)

Be the first to comment on "Mengapa Ali Lubis Tuntut Ahok 470 Miliar?"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*