Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Komisi X DPR Beri Sinyal Positif Terhadap Gagasan Moratorium UN

Para Peserta Ujian Nasional dengan Khidmat Mengerjakan Soal

Navigasinews- Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), memberikan sinyal baik dalam menanggapi usul Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy mengenai Moratorium pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib memandang jika penilaian terhadap aktivitas belajar siswa, bukan hanya dapat ditentukan dengan Ujian Nasional. Ini alasan mendasar yang membuat DPR setuju dengan usulan Moratorium tersebut. Ia juga mengklaim bahwa hampir seluruh fraksi yang ada di DPR sepakat dengan usulan itu.

“Sebetulnya kita di Komisi X hampir semua Fraksi kan setuju (dengan) Moratorium UN, itu memang tidak sesuai dengan UU Sisdiknas tentang penilaian bukan ditentukan dengan ujian Negara saja, yang paling berhak menilai kan memang guru yang setiap hari mengajar,” Kata Lathifah

Usulan Moratorium UN dari Mendikbud, memang masih harus dikaji dengan secermat mungkin, dan tidak mungkin pengkajian dilakukan dengan tergesa-gesa.

Lathifah menambahkan, Komisi X selaku mitra kerja Kemendikbud akan menunggu kelanjutan gagasan yang disampaikan Menteri Pendidikan Muhajir Effendy. Diharapkan, kemendikbud mampu memberikan alasan dan apa dasar dari gagasan Moratorium UN tersebut.

“Jadi menteri harus bisa memberikan alasannya apa?, Kenapa? Punya gagasan moratorium UN, kita tunggu saja, mungkin pemerintah itu tidak setuju untuk tahun ini, tapi (dapat setuju) untuk tahun depan, kan sangat mendadak (gagasan moratorium tersebut), persiapan di lapangan kan hampir semuanya 100 persen kan,” pungkasnya. (GS)

Be the first to comment on "Komisi X DPR Beri Sinyal Positif Terhadap Gagasan Moratorium UN"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*