Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemendag Antisipasi Harga Pangan Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi Pasaar Tradisional

NAVIGASINEWS – Menjelang Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017, pemerintah memperkirakan akan terjadi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok yang pada akhirnya dapat berdampak pada kenaikan harga.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengantisipasi kondisi tersebut dengan berbagai upaya, diantaranya melakukan pertemuan dengan pelaku usaha barang kebutuhan pokok untuk mengetahui volume ketersediaan pasokan, tingkat kecukupan stok untuk konsumsi dan perkembangan harga di tingkat distributor.

“Diperkirakan kenaikan permintaan kebutuhan pokok dapat berpotensi pada kenaikan harga, tetapi saya sampaikan harga cenderung dalam batas wajar,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan dalam konferensi pers di Kemendag, Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Kemudian, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan dinas-dinas yang bertanggungjawab dalam bidang perdagangan di seluruh Indonesia untuk mendapatkan laporan mengenai ketersediaan pasokan dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok, serta langkah-langkah dan kesiapan di masing-masing daerah dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

“Kami juga lakukan pantauan pasar ke daerah-daerah terutama yang mayoritas masyarakatnya merayakan Natal untuk memastikan stok serta kelancaran distribusi pasokan dari sentra produksi ke pasar,” tuturnya.

Masih kata Oke, pihaknya juga meningkatkan pengawasan dan pengendalian bersama instansi terkait terhadap peredaran barang-barang kadaluarsa di pasar, impor selundupan, barang yang tidak aman dikonsumsi atau digunakan.

“Kita juga fasilitasi pasar murah di daerah yang mayoritas merayakan Natal, kita pantau terus stok dan perkembangan harga, kita pantau di media massa untuk antisipasi jika terjadi gejolak harga,” tukasnya.

Be the first to comment on "Kemendag Antisipasi Harga Pangan Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*