Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jelang Pilkada Serentak, DPD Ajak Masyarakat Lawan Korupsi dengan Menolak ‘Politik Uang’

Fahira Idris, Wakil Ketua Komite III DPD RI

Navigasinews- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan kembali digelar pada 15 Februari 2017 Mendatang, sebanyak 101 daerah di Indonesia akan menyelenggarakan ‘pesta demokrasi’ pemilihan pemimpin daerah yang baru dan sesuai aspirasi rakyat.

Gelaran Pilkada secara serentak yang dinilai lebih efektif dan efisien dalam penyelenggaraannya, juga diharapkan dapat memberikan tekanan terhadap praktik ‘politik uang’ yang sudah sekian lama menyubur.

Idealnya, Pilkada yang akan dilakukan secara serentak dapat dijadikan momentum kampanye anti korupsi dan anti politik ‘kampanye amplop’. Masyarakat sudah waktunya melek terhadap politik, dan menyadari bahwa hak pilih atau suara bukanlah komoditas di pasar politik, melainkan adalah sejumlah harapan perbaikan terhadap pemerintahan

Wakil Ketua Komite III DPD Fahira Idris menjelaskan, praktik ‘politik uang’ dan korupsi sebenarnya adalah suatu sirkulasi. Ketika sejumlah uang yang sudah dipergunakan saat kampanye pencalonan, semestinya bisa kembali dengan jumlah yang sama maupun lebih saat sudah menjadi kepala daerah. Ia menyebutnya sebagai ‘Lingkaran Setan’.

“Ini kan semacam ‘lingkaran setan’. Saat calon butuh kendaraan dan dana kampanye, dia harus punya uang. Saat dia membutuhkan uang, para pengusaha hitam datang membantu, tentunya dengan syarat. Saat dia perlu pengakuan dan suara instan, dia sebar uang ke pemilih. Nanti, saat terpilih dia harus mengembalikan semua uang yang sudah habis. Gaji kepala daerah tidak akan cukup, satu-satunya cara ya korupsi,” ujar Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (9/12/2016).

Saat memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Fahira mengungkapkan, meskipun praktik politik uang nyata, tetapi sangat susah dibuktikan. Ia menambahkan penegak hukum perlu untuk melakukan pencegahan dan penindakan secara tegas bagi para pelaku korupsi. (GS)

Be the first to comment on "Jelang Pilkada Serentak, DPD Ajak Masyarakat Lawan Korupsi dengan Menolak ‘Politik Uang’"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*