Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jalin Kerjasama, Jokowi Lakukan Kunjungan Kenegaraan Ke India dan Iran

Jokowi Lakukan Kunjungan Kenegaraan

Navigasinews- Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo akan mengunjungin India dan Iran pada 12-13 Desember 2016. Kunjungan Kenegaraan ini merupakan kunjungan balasan setelah kedua pemimpin negara tersebut mengunjungi Indonesia  beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya, Jokowi menegaskan pentingnya kerjasama yang dibangun antara India dan Iran dengan Indonesia. Kunjungan ini juga dinilai sebagai sebuah keseriusan Presiden Jokowi menjalin komunikasi dan kerja sama yang saling menguntungkan bagi masing-masing pihak.

“Presiden juga akan membahas upaya peningkatan kerja sama investasi untuk industri bahan baku obat-obatan,” demikian keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (9/12/2016)

India merupakan mitra dagang Indonesia terbesar di Asia Selatan dan sekaligus mitra terbesar ke-4 di dunia. Angka perdagangan Indonesia dengan India pada 2015 mencapai US$14,45 miliar. Sedangkan investasi India ke Indonesia merupakan 43 persen dari investasi India di ASEAN, yang mencapai US$ 57,2 miliar pada 2015.

Sedangkan Iran merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan energi yang cukup tinggi. Diversifikasi mitra kerja sama energi sangat penting untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Iran akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang minyak dan gas, termasuk kerja sama pengelolaan ladang minyak di Iran dan investasi kilang minyak di Indonesia. (GS)

Be the first to comment on "Jalin Kerjasama, Jokowi Lakukan Kunjungan Kenegaraan Ke India dan Iran"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*