Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tanggapi Gempa Aceh, Kapolri Kirimkan Bantuan Kemanusiaan

Kapolri Jenderal Tito Karnavian Berfoto Saat Melepas Bantuan bagi Korban Gempa

Navigasinews- Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh pada Rabu, 7 Desember 2016 masih meninggalkan pilu dan air mata. Masyarakat Pidie masih percaya tempat bencana gempa berskala 6,5 SR.itu telah menghancurkan tempat tinggalnya dan merenggut nyawa kerabat serta sanak keluarga tercinta.

Kapolri Jendral Tito Karnavian dengan sigap mengintruksikan jajarannya untuk segera mengirimkan bantuan bagi korban gempa pidie. Penyaluran bantuan yag diinstruksikan Kapolri kemudian disalurkan melalui Kepolisisan Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut). Bantuan dikirim melalui jalur darat dengan truk dinas Polda Sumut.

“Kami dipercaya untuk menyalurkan bantuan dari Kapolri untuk warga yang terkena musibah bencana alam gempa bumi di Aceh,” kata Kepala Polda Sumut Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel, pada Kamis, (8/12/2016).

Rycko menjelaskan bahwa Kapolri melalui Polda Sumut, menyalurkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi sedikitnya berupa 1.200 dus mi instan, 1.000 dus air mineal, 1.000 kaleng biskuit, 1.500 susu cair, dan lima ton gula. Kapolri juga mengirimkan 221 personel Polda Sumut yang dapat diperbantukan untuk tanggap darurat pascagempa di Pidie Jaya, Pidie, dan Bireun.

Kapolda Sumut menyebutkan, personel Polda Sumut yang dikirim ke Aceh terdiri dari 200 personel Brimob (Brigade Mobile), lima personel Direktorat Shabara (Samapta Bhayangkara), dan 16 personel medis dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes). Bantuan personel Polda dapat ditugaskan untuk membantu dan menjaga keamanan serta ketertiban paska bencana alam tersebut.

“Hari ini, Sat Brimob Tim SAR Ditsabhara dan tim Biddokkes Polda Sumut mendapat kepercayaan tugas dalam aksi kemanusiaan guna membantu dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terkait bencana alam tersebut,” kata Rycko saat apel pelepasan 221 personel di Markas Komando Polda Sumut.

Rycko menegaskan agar para personel yang dikirim dapat menjalankan tugas kemanusiaannya dengan baik, serta dapat terus menjaga ketertiban. Terlebih, tak lama lagi Provinsi Aceh akan menyelenggarakan pilkada serentak.

Dia menekankan agar prajuritnya dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas, menampilkan perilaku sopan dan humanis serta bertanggung jawab. “Setelah pelaksanaan tugas kemanusiaan, khusus bagi personel Sat Brimob akan melanjutkan tugas pengamanan pilkada serentak di Provinsi Aceh dalam Operasi Mantap Praja Rencong 2017,” katanya. (GS)

Be the first to comment on "Tanggapi Gempa Aceh, Kapolri Kirimkan Bantuan Kemanusiaan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*