Penyelidikan Kasus Makar Berlanjut, Polri Tangkap Hatta Taliwang

Komisaris Besar Martinus Sitompul

Navigasinews- Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mapes Polri) mengumumkan bahwa pihaknya telah berhasil menangkap seorang aktivis yang diduga terlibat kasus pemufakatan makar. Hatta Taliwang dikabarkan ditangkap Polri pada Kamis (8/12/2016) dini hari pukul 01.00 WIB di rumah susun daerah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

“Yang bersangkutan juga telah ditetapkan sebagai tersangka (pemufakatan makar),” Kata Komisaris Besar (Kombes) Martinus saat diwawancarai di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (8/12/2016)

Martinus, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri menjelaskan, Hatta Taliwang terlibat upaya makar karena yang bersangkutan diketahui menyebar-luaskan konten yang berisi permusuhan terkait isu SARA. Hatta dinilai telah melanggar UU ITE pasal 28 ayat (2) juncto dan pasal 45 ayat (2)

“Yang bersangkutan (terbukti) melakukan postingan di media sosial berisi kalimat yang menimbulkan permusuhan terkait SARA. Dalam hal ini penyidik punya kesempatan memeriksa 1×24 jam untuk ditentukan ditahan atau tidak.” Jelas Martinus.

Terkait dengan barang bukti, Pihak kepolisian dipastikan sudah memiliki barang bukti berupa telepon genggam, sebuah buku, dan dokumen lainnya yang berhasil disita dari tersangka HT. Martinus menegaskan, barang bukti lain yang berkaitan dengan perkara sedang diupayakan untuk terus dicari Polri.

“Tentu terkait barang bukti akan dilakukan pencarian lainnya, kalau sudah tersangka tentu penyidik minimal punya dua alat bukti yang sah” pungkasnya.

Sebelumnya, Polri juga sudah menangkap 11 aktivis yang diduga terlibat upaya makar pada jumat (2/12), antara lain Sri Bintang Pamungkas, Jamran, Rizal, Kivlan Zein, Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, Alvian, Adityawarman dan Rachmawati Soekarnoputri. (GS)

Be the first to comment on "Penyelidikan Kasus Makar Berlanjut, Polri Tangkap Hatta Taliwang"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*