Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Moralitas adalah Pijakan Bernegara

Hidayat Nur Wahid saat berpidato

Naavigasinews- Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI menjadi pembicara dalam acara Diskusi “Refleksi Kebangsan” pada Kamis, 8 Desember 2016. Dalam pidatonya, ia menekankan akan pentingnya moral sebuah bangsa. Secara prinsip, mementingkan moralitas atau akhlaq sebagai manusia dalam kehidupan bermasyarakat merupakan sikap cinta kepada tanah air.

Ia menjelaskan, moralitas adalah pijakan dasar dalam bernegara. Moralitas tidak hanya berkaitan pada aspek individu belaka, melainkan memancar kepada sesama manusianya, kepada lingkungannya bahkan kepada alam.

“Jika rujukannya pada undang-undang dasar, moralitas adalah pijakan dasar bernegara. Moralitas tidak hanya bersifat individual, tapi juga sangat berkaitan dengan lingkungannya, dengan manusia lain, umat beragama lain, bahkan dengan alam,” ujar Hidayat

Acara ini merupakan bagian dari launching Lomba Penulisan Bertema Kebangsaan 2017 “Islam dan Patriotisme Kebangsaan”, di Ruang Aspirasi PKS DPR RI, Gedung Nusantara I, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Hidayat menambahkan, moralitas bangsa harus selalu ditanamkan dalam diri setiap individu serta senantiasa direfleksikan melalui pelbagai cara, salah satunya dengan melalui perlombaan menulis bertemakan moralitas. Sehingga selanjutnya, para penulis dapat mengekspresikan tulisan-tulisan bermutu unggul yang menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang bermoral dan berakhlak mulia.

Diskusi Refleksi Kebangsaan berlangsung selama satu hari. Acara ini juga dihadiri pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro, pengamat politik Yudi Latief, serta penulis dan pengamat politik Irfan Hidayatullah. Ada juga Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. (GS)

Be the first to comment on "Moralitas adalah Pijakan Bernegara"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*