Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Ditangkap dengan Tuduhan Makar, Siapa Sebenarnya Hatta Taliwang?

Hatta Taliwang

Navigasinews- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menangkap seorang aktivis bernama Hatta Taliwang yang diduga terlibat upaya makar dengan mencoba mengerahkan massa aksi ke gedung parlemen Indonesia, Senayan, Jakarta.

Hatta Taliwang ditangkap pada Kamis 8 Desember 2016 dini hari. Kepolisian juga telah menaikan status Hatta menjadi Tersangka. ia terancam dikenakan pasal 107,110, dan 87 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) karena merencanakan pemakzulan pimpinan negara yang sah dan Konstitusional.

“Dinihari tadi sekitar pukul satu, di sebuah rumah susun di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, telah ditangkap satu orang berinisial MH alias HT,” kata Kombes Martinus, Kabag Penum Divisi Humas Polri di kantornya.

Sebenarnya siapa sosok Hatta Taliwang, sehingga menjadi orang yang begitu dicari pihak Kepolisian akhir-akhir ini?

Hatta Taliwang lahir pada 17 Februari 1954 di Desa Brang Rea, Sumbawa Barat. Hatta dijadikan anak angkat oleh salah seorang Jenderal Besar TNI bernama Abdul Haris Nasution.

Hatta menjadi aktivis sejak masih mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Saat masih berstatus mahasiswa, Hatta pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Mahasiswa Muhammadiyah periode 197-1978. Ia mencapai puncaknya sebagai aktivis kala ia menjadi satu dari 50 tokoh yang turut menandatangani akte notaris pendirian Partai Amanat Nasional (PAN). Serta menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi PAN periode 1999-2004.

Setelah tak menjadi anggota DPR dan keluar dari PAN, nama Hatta tak lagi beredar di pusaran politik nasional. Tapi ia sempat mengejutkan dengan tulisannya di sebuah media online yang berjudul Waspada Politik Cina Raya.

Dalam tulisan itu Hatta mengutip berbagai referensi tentang upaya Republik Rakyat Cina memperluas emporium kekuasannya hingga Indonesia. “Indonesia telah lama menjadi target untuk dijadikan tanah baru mereka. Karenanya Cina di Indonesia dan para Cina perantauannya sudah mulai masuk dalam pertarungan politik praktis dengan mendirikan partai politik dan bahkan menguasai partai politik lainnya dengan tujuan politik untuk Presiden Indonesia,” kata Muhammad Hatta Taliwang. (GS)

Be the first to comment on "Ditangkap dengan Tuduhan Makar, Siapa Sebenarnya Hatta Taliwang?"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*