Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pengusaha Migas Menyatakan Perlunya Reformasi Kebijakan Fiskal Indonesia

Ilustrasi Ladang Minyak

NAVIGASINEWS – Rendahnya harga minyak dunia beberapa tahun terakhir ini menyebabkan penurunan aktivitas ekspIorasi dan ekspIoitasi industri minyak dan gas bumi (migas). Asosiasi Perusahaan Minyak Indonesia, Indonesian Petroleum Association (IPA), berpendapat bahwa reformasi peraturan dan kebijakan fiskal di dalam negeri menjadi salah satu upaya yang dapat membangkitkan kembali industri migas di Indonesia.

“Diperkirakan, harga minyak mentah dunia pada tahun-tahun mendatang tetap masih rendah. Kondisi ini perlu disikapi serius oIeh para pemangku kepentingan dengan melakukan reformasi terhadap aturan terkait di industri migas sehingga menarik investor untuk datang ke Indonesia,” kata Ketua IPA Christina Verchere, di sela-sela acara Rapat Umum Tahunan (Annual General Meeting) IPA, di Jakarta, Rabu (7/12).

Pemerintah Indonesia menarik banyak investasi masuk ke daIam negeri sudah terlihat. Banyaknya perubahan peraturan terkait menurutnya menjadi indikasi, tetapi di sisi lain, masih banyak tantangan dari para stakeholder lainnya yang memiliki kepentingan berbeda, ujarnya.

Christina mengungkapkan IPA dan Pemerintah Indonesia telah berdiskusi untuk membahas mengenai reformasi peraturan dan kebijakan fiskal sepanjang 2016. “Ke depan, kami akan terus bersama Pemerintah untuk mencari formula dan implementasi yang tepat guna memperbaiki iklim investasi migas di Indonesia,” tegasnya.

Beberapa hal yang menjadi topik diskusi antara IPA dan Pemerintah Indonesia selama kurun waktu 2016 di antaranya Revisi PP 79 Tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan dan Perlakuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Kemudian  FGD terkait Tata Kelola Gas, Pengembangan Lapangan Laut Dalam, Penyederhanaan Perizinan, implementasi Permen ESDM 38 Tahun 2015 tentang Percepatan Pengusahaan Minyak dan Gas Bumi NonKonvensional, serta masukan untuk draft UU Migas yang baru.

Be the first to comment on "Pengusaha Migas Menyatakan Perlunya Reformasi Kebijakan Fiskal Indonesia"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*