Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pemerintah Akan Kucurkan Rp 16,6 T Untuk Sarana Pertanian di Tahun 2017

Ilustrasi Irigasi Pertanian

NAVIGASINEWS – Pemerintah berencana mengucurkan anggaran Rp 16,6 triliun untuk pembangunan sarana dan prasarana pertanian. Anggaran tersebut dialokasikan di Kementerian Pertanian.

Seperti dilansir Kontan, Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas tentang Pengembangan Sumber-Sumber Air dan Alat Mesin Pertanian di Kantor Presiden, Selasa (6/12) mengatakan, anggaran tersebut naik jika dibandingkan tahun 2015 kemarin. “Sejak tahun 2015, kisaran belanja sarana dan prasarana pertanian hanya 60%, tapi 2017 akan dinaikkan jadi 70% dari total anggaran Kementerian Pertanian,” katanya.

Presiden menginginkan kenaikan anggaran tersebut digunakan untuk meningkatkan pembangunan sarana pengairan pertanian. hal ini penting dilakukan, karena saat ini ketersediaan air dan irigasi  menjadi masalah, sehingga banyak lahan pertanian di Indonesia  yang belum tergarap maksimal.

Menurut data yang dimilikinya, jumlah lahan yang belum tergarap maksimal tersebut mencapai 36,8 juta. Selain itu, ada juga lahan seluas 11,7 juta hektare yang dibiarkan tidur dan tidak termanfaatkan.

“Untuk persawahan misalnya, dari 8,1 juta hektare sawah yang ada, baru 4,1 juta hektare yang teraliri irigasi dan itupun masih perlu diperbaiki lagi,” katanya.

Untuk ladang, masih ada 5,02 juta hektare yang perlu dibuatkan sarana pengairan. Sementara itu, untuk tegal atau kebun, jumlah luasan yang perlu mendapatkan sarana pengairan berupa kantong air atau embung mencapai 12,01 juta hektare.

Be the first to comment on "Pemerintah Akan Kucurkan Rp 16,6 T Untuk Sarana Pertanian di Tahun 2017"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*