Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Dramatis, Indonesia Pastikan Lolos ke Final AFF 2016

Navigasinews – Timnas Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke babak final Piala AFF 2016, setelah menahan tuan rumah Vietnam 2-2 melalui perpanjangan waktu, dalam laga leg kedua semifinal, Rabu (7/12) di My Dinh Stadium, Hanoi.

Dengan hasil imbang itu, Indonesia menang agregat 4-3, dan berhak maju ke final menantang pemenang Thailand vs Myanmar. Ini capaian luar biasa Timnas Indonesia, karena ini kiprah pertama di arena internasional setelah dibanned FIFA.

Lolosnya Indonesia ke final benar-benar dramatis, dan melalui perjuangan yang tidak mudah. Setelah sempat unggul 1-0 menit ke-54 melalui Stefano Lilipaly, tapi Vietnam yang bermain dengan sepuluh pemain setelah kipernya mendapat kartu merah, justru mampu membalikan keadaan.

Vietnam menang 2-1 di waktu normal, karena gol menit 83 melalui Văn Thanh Vũ untuk mencetak gol penyama mengoyak mengoyak gawang Kurnia Meiga. Bermula dari assit Thành Lương Phạm dari bola mati.

Puncaknya, usaha tak kenal menyerah Vietnam membuahkan gol oleh Minh Tuấn Vũ di menit 90+3, melalui assist Trọng Hoàng Nguyen. Dan pertandingan pun dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia kembali menghidupkan peluang melalui gol penalti Manahati Lestusen menit ke-97, setelah Ferdinand Sinaga dijatuhkan kiper Vietnam. Sepakan Penalti Manahati Lestusen melesat mulus dan membawa angin segar kembali bagi Indonesia.

Indonesia berpeluang unggul menit ke-105, ketika wasit menunjuk titik putih setelah Rizki Pora dijatuhkan kiper Vietnam. Namun, wasit asal China kemudian membatalkan keputusan penalti itu.

Beruntung pemain Indonesia tak terpukul dengan keputusan wasit itu, dan tetap fokus mempertahankan hasil imbang 2-2. Walau diserang habis-habisan, akhirnya skor 2-2 bertahan hingga laga usai. Indonesia pun maju ke final.

Ini adalah final kelima Indonesia di ajang Piala AFF.

(RMO/KC)

Be the first to comment on "Dramatis, Indonesia Pastikan Lolos ke Final AFF 2016"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*