Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jokowi : Jangan Bandingkan Rupiah Dengan Dolar AS

Ilustrasi Mata Uang Rupiah dan Dollar

NAVIGASINEWS – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat (AS) bukanlah tolak ukur yang tepat untuk mengukur perekonomian Indonesia. Paling pas, membandingkan rupiah dengan mata uang negara-negara mitra dagang terbesar Indonesia, seperti Jepang, Tiongkok, Eropa, dan negara lainnya.

Jokowi menyoroti kebijakan ekonomi yang dilakukan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang lebih bersifat reflasi. Di mana kurs dolar AS mencerminkan antisipasi pasar bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan semakin menguat dan inflasi dolar akan meningkat.

“Jadi dolar nanti akan jalan sendiri. Itu artinya kurs rupiah-dolar AS semakin tidak mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia. Karena selama ini selalu melihatnya ke sana terus, padahal bukan cerminan fundamental Indonesia,” terangnya di acara Sarasehan 100 Ekonom di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Jokowi mengungkapkan, ekspor Indonesia ke AS sekitar 9 persen-10 persen dari total ekspor. Dengan prosentase ekspor sebesar itu, persepsi ekonomi Indonesia selalu dikaitkan atau diukur dengan dolar AS.

“Kalau ekonomi kita hanya diukur pakai dolar AS, nantinya kita akan kelihatan jelek. Padahal ekonomi Indonesia oke-oke saja, tidak ada masalah. Kalau kita masih bawa itu, bisa berbahaya,” tegas Jokowi.

Jokowi menilai, jika ekonomi Indonesia diukur dengan mata uang negara mitra dagang utama, seperti Euro, Yuan, Poundsterling, Won, Yen, maka ekonomi Indonesia lebih bagus. Jokowi menyebut, ekspor Indonesia ke China sekitar 15 persen-15,5 persen dari total ekspor, ke Eropa 11,4 persen, dan ke Jepang 10,7 persen.

“Bertahun-tahun selalu melihatnya rupiah dan dolar. Tapi kurs rupiah-dolar AS bukan tolok ukur yang tepat. Kurs yang relevan melawan rupiah yakni dengan mata uang mitra dagang terbesar kita. Jadi penting mengedukasi ke publik jangan pantau kurs mereka terhadap dolar AS semata, tapi harus ada patokan yang punya komprehensif,” tandas Jokowi.

Be the first to comment on "Jokowi : Jangan Bandingkan Rupiah Dengan Dolar AS"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*