Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Begini Rencana Tersangka Makar

Irjend Boy Rafli saat memberikan keterangan kepada wartawan

NaavigasiNews.com – Kepolisian Republik Indonesia secara mengejutkan memberikan keterangan terkait rencana pengerahan massa aksi guna menduduki Gedung ‘Perwakilan Rakyat’ (DPR, MPR dan DPD). Rencana tersebut diketahui Kepolisian sejak beberapa minggu sebelum aksi 212 ‘Bela Islam III’ diselenggarakan.

Irjen Boy Rafli, Kadiv Humas Mabes POLRI menjelaskan bahwa rencana pengerahan massa aksi ke gedung MPR ‘terendus’ pihak kepolisian setelah adanya pertemuan sejumlah orang terduga Makar dimana tujuh di diantaranya telah menyandang status tersangka, yakni Kivlan Zein, Adityawarman, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, Firza Huzaen, Eko, dan Alvin.  

“Pertemuan itu digelar setelah aksi (‘Bela Islam II’) 4 November.” Jelasnya, seperti dilansir Liputanberita.net (4/12/2016).

Dalam pertemuan tersebut, ada indikasi dilakukannya rencana makar dengan berupaya menggiring massa aksi ‘Bela Islam III’ yang sebelumnya hanya merencanakan aksi Super Damai di Monumen Nasional (Monas) dengan salat Jumat berjamaah, dilanjutkan dengan mengarahkan massa ke gedung parlemen untuk memaksa para wakil rakyat mengadakan Sidang Istimewa MPR dengan beberapa tujuan, salah satunya guna memakzulkan Presiden Jokowi.

“Dengan memprovokasi massa yang jumlahnya sangat besar” ujar pria yang pernah menjabat Kapolda Banten 2014.

Selanjutnya, Irjen Boy Rafli menerangkan bahwa pihak kepolisian terus berupaya sebaik mungkin untuk melayani masyarakat termasuk mengawal dan memfasilitasi masyarakat yang berniat menyelenggarakan aksi mengemukakan pendapat, dengan catatan setiap penyelenggaraan aksi massa tetap dalam koridor aksi yang damai dan sesuai kontitusi.

“kami berupaya memilah, mana yang murni (pengerahan massa) untuk aksi dan tidak”. Lanjutnya.

Belakangan, diketahui bahwa pertemuan yang diduga sebagai wadah perencanaan makar digelar di kediaman salah satu mantan pejabat TNI. Namun Boy enggan mengungkapkan siapa pemilik Rumah tersebut seraya menjawab diplomatis, “Kami menangkap berdasar bukti, itu saja,” tegasnya.

Be the first to comment on "Begini Rencana Tersangka Makar"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*