Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pesawat polri Hilang Kontak, TNI-AL Kerahkan Dua KRI

Pesawat Skytruck Polri dilaporkan hilang kontak saat menuju Batam.

Navigasinews – TNI Angkatan Laut mengerahkan dua unsur KRI dari Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamlabar) dan dua Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dari Lanal Dabo Singkep, untuk mencari pesawat Polri yang jatuh di Perairan Kepulauan Riau, Sabtu [03/12].

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, di Jakarta, Sabtu, mengatakan kedua KRI dan dua Kapal Patkamla tersebut langsung menuju lokasi perkiraan tempat jatuhnya pesawat Polri untuk melakukan pencarian.

Pesawat Polri yang jatuh adalah type N 28 Skytruck hilang kontak di Perairan Lingga dengan membawa 13 penumpang yang terdiri dari 5 kru dan 8 penumpang yang merupakan anggota Polri. Pesawat Polri tersebut melakukan penerbangan dari Pangkal Pinang menuju Batam.

Info dari Singapura menyatakan kontak dengan pesawat sekitar pukul 10.15 WIB, targetnya juga hilang di radar dengan kordinat terakhir lost kontak perkiraan di wilayah laut Kabupaten Lingga. Sampai saat ini kedua KRI dan dua kapal Patkamla masih terus melakukan pencarian pesawat Polri yang jatuh tersebut.

Pesawat milik Kepolisian RI dengan tipe M28 Sky Truck ini dinyatakan mengalami hilang kontak di wilayah perairan Kabupaten Lingga. “Titik koordinat jatuhnya pesawat sesuai dengan data GPS pruno JP32 0″17,246N utara selatan, 104″50,261E barat timur,” ujar Kepala bagian Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Martinus menjelaskan bahwa lokasi koordinat itu berada di antara Pulau Mensanak dengan Pulau Sebangka atau Pulau Gentar, perairan Kabupaten Lingga.

Lebih lanjut Martinus menjelaskan bahwa upaya yang saat ini sudah dilakukan adalah koordinasi dengan Basarnas Tanjung Pinang, dan melakukan evakuasi terhadap korban oleh Basarnas dan Ditpolair Polda Kepulauan Riau. Pesawat yang berangkat dari Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung menuju Batam Provinsi Kepulauan Riau ini adalah dalam rangka giat rutin rotasi pergantian awak.

Manifes penumpang pesawat Kepolisian RI yang jatuh yakni:

1. Akp Budi Waluyo (Pilot)
2. Akp Eka Barokah (pilot)
3. Akp Tonce (pilot)
4. Brigadir Joko Sujarwo (mekanik)
5. Brigadir Mustofa (mekanik)
6. Akp Abdul Munir / penumpang
7. Akp Safran / penumpang
8. Bripka Erwin / penumpang
9. Briptu Rizal / penumpang
10. Bripda Eri / penumpang
11. Brigadir Suwarno / penumpang
12. Bripda Andi Z. / penumpang
13. Brigadir Joko Sungatno / penumpang
(ant)

Be the first to comment on "Pesawat polri Hilang Kontak, TNI-AL Kerahkan Dua KRI"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*