Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

MUI Kembali Imbau Tak Demo 2 Desember

Ketu Umum MUI KH. Ma'ruf Amin

Navigasinews – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI akan kembali menggelar aksi demo pada 2 Desember mendatang. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan agar aksi ini harus dilakukan dengan santun dan tertib.

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin mengatakan, sebenarnya MUI sudah menganjurkan agar penyelesaian masalah terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini dilakukan dengan pendekatan musyawarah. Apalagi Polri sudah menetapkan Ahok sebagai tersangka.

“Kalau memang akhirnya terpaksa harus melakukan demonstrasi, unjuk rasa harus dilakukan dengan cara yang santun kemudian tertib. Saya kira itu,” kata Ma’ruf kepada wartawan usai mengikuti Rakernas II MUI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (23/11/2016).

Ma’ruf kembali menyatakan bahwa GNPF MUI tidak ada kaitan atau hubungan struktural dengan MUI. Dia juga sudah meminta agar jangan ada massa yang membawa atribut MUI dalam aksi demo 2 Desember.

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid juga menyampaikan hal senada. MUI tidak bisa melarang massa untuk berdemo pada 2 Desember karena itu merupakan hak konstitusi. Namun MUI menurutnya memberikan dua opsi.

“Opsi pertama mengimbau untuk tidak demo. Kedua, jika terpaksa demo, harus dilaksanakan dengan tertib, santun, menjaga akhlakul karimah dan tetap patuh dan tunduk dengan peraturan perundang-undangan. Dan yang lebih penting fokus dengan tujuan demo yaitu menuntut ditegakkannya hukum secara jujur dan berkeadilan,” ujar Zainut sebagaimana dilansir oleh detikcom.

Zainut menegaskan agar tujuan demo ini tidak disimpangkan untuk tujuan lainnya. Dia juga meminta agar aparat melakukan pendekatan persuasif saat mengawal aksi demo massa pada 2 Desember nanti.

“Jika ada umat Islam yang melakukan demo, hendaknya aparat keamanan menyikapi secara proporsional, dengan pendekatan persuasif dan tidak dengan kekerasan. Hindari tuduhan-tuduhan miring yang tidak proporsional dan tidak memiliki bukti yang cukup kuat, karena hal itu justru dapat memancing menguatnya emosi umat untuk melakukan perlawanan kepada aparat,” imbuh Zainut.

Be the first to comment on "MUI Kembali Imbau Tak Demo 2 Desember"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*