Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

1 Juta Buruh Bakal Mogok Nasional 2 Desember 2016

ilustrasi, demo buruh

Navigasinews – Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memastikan 1 juta buruh di Indonesia akan melakukan mogok nasional pada 2 Desember 2016. Aksi ini akan berlangsung di 250 kabupaten/kota di 20 provinsi untuk menyuarakan tiga tuntutan. Salah satunya menolak upah murah.

“Buruh di 250 kabupaten/kota di 20 provinsi sekitar hampir 1 juta buruh akan melakukan mogok nasional dalam bentuk unjuk rasa nasional setop produksi. Aksi ini digelar 2 Desember mendatang, dari sebelumnya direncanakan 25 November ini,” kata Presiden KSPI, Said Iqbal, di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Khusus buruh se-Jabodetabek dan Karawang, Said mengatakan lebih dari 200 ribu buruh pada saat mogok nasional 2 Desember ini akan bergerak melakukan demo di Istana Negara. Titik kumpul di Bundaran Hotel Indonesia.

“Sedangkan mogok nasional buruh di 19 provinsi lainnya dilakukan di kawasan industri dan kantor gubernur masing-masing,” ujar dia.

Said menuturkan, tiga isu yang akan disuarakan para buruh pada mogok nasional. Pertama, meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan tolak upah murah.

Tuntutan kedua, meminta kenaikan upah minimum 15-20 persen, dan ketiga, penegakan supremasi hukum setegak-tegaknya.

(GR)

Be the first to comment on "1 Juta Buruh Bakal Mogok Nasional 2 Desember 2016"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*