Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

MUI Percayakan Penanganan Kasus Ahok Kepada Polri

Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, M. Cholil Nafis, Ph.D.

Navigasinews – Bareskrim Polri telah menetapkan Ir. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka dalam dugaan penistaan agama. Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, M. Cholil Nafis, Ph.D. mengungkapkan bahwa proses hukum tersebut telah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

“Kini polisi bekerja cepat dan tangkas utk memenuhi harapan masyarakat. Kita pantau dan kita kawal proses hukumnya” imbuh M. Cholil dalam keterangan tertulis yang diterima Navigasinews.com (18/11/2016).

Dirinya berharap agar masyarakat memberi kepercayaan kepada pihak kepolisisan untuk menjalankan proses selanjutnya. Sebab, kata dia, Kasus ini murni soal hukum, bukan karena masalah pilkada, bukan masalah etinis atau karena beda agama.

“Ini murni soal dugaan penistaan agama yang murni masalah hukum. Maka percayakanlah pada proses hukum dan berilah kesempatan kpd kepolisian utk bekerja menyelesaikan penyidikan secara profesional” tutur Cholil.

M. Cholil mengaku bahwa tugas Majelis Ulama Indonesia telah cukup dalam memberi penjelasan pendapat dan sikap keagamaan hukum Islam berkenaan dengan dugaan penistaan agama untuk menjawab dari permintaan fatwa. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai majelis agama Islam di Indonesia.

“MUI telah menyerahkan masalah ini kpd proses hukum yang sedang berlangsung” terangnya.

Untuk itu, kata dia, MUI berharap masalah ini beralih dari jalanan ke pengadilan dan dari lapangan hijau ke meja hijau. Secara institusi dan secara resmi MUI tidak terkait dengan demo yang telah berlangsung dan yang akan datang.

“MUI tidak dapat melarang atau menyuruh masyarakat untuk berdemo, demikian juga MUI tidak menuntut sang tersangka untuk ditahan atau tidak ditahan karena ini adalah kewenangan penegak hukum” tegasnya.

Dalam keterangan tersebut, M. Cholil juga berharap semoga proses hukum Ahok dapat segera selesai sehingga masyarakat lebih tenang dan damai.

(RVA)

Be the first to comment on "MUI Percayakan Penanganan Kasus Ahok Kepada Polri"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*