Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Ini Dia Teknis Gelar Perkara Kasus Ahok Selasa Nanti

Basuki Tjahaja Purnama saat memberi keterangan kepada awak media sebelum diperiksa Bareskrim Polri

Navigasinews – Bareskrim Polri segera menyelenggarakan gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Gelar perkara ini bakal dilakukan secara terbuka terbatas pada pekan depan.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Agus Andrianto menjelaskan teknis pelaksanaan gelar perkara kasus Ahok ini. Sebab, gelar perkara ini tidak seperti biasanya, yang hanya dilakukan oleh internal penyidik.

“Nanti akan dibacakan sama ketua gelar, Bapak Kabareskrim. Nanti ada tata tertibnya. Nanti Beliau yang menjelaskan, saya kan menggelarkan hasil penyelidikannya,” ujar Agus saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Dia menuturkan, pihaknya akan mengundang beberapa elemen dari internal Polri. Sementara pihak eksternal akan diundang oleh Biro Wasidik Polri.

Tak hanya itu, gelar perkara juga akan melibatkan pihak pelapor, terlapor, dan beberapa saksi serta ahli yang telah dimintai keterangan oleh penyidik. Dalam kesempatan itu, para saksi juga bisa mengkoreksi keterangan yang telah disampaikan ke penyidik.

“Mereka mau menambahkan atau tidak, atau ada yang merasa, ‘oh ini disembunyikan keterangan saya sama penyidik’, kan bisa saja. Kontrol penanganan kita objektif atau enggak,” terang Agus.

“Apakah ada keterangan yang mau ditambahkan, apakah ada yang kelebihan, apakah ada yang mau dihilangkan,” sambung dia.

Be the first to comment on "Ini Dia Teknis Gelar Perkara Kasus Ahok Selasa Nanti"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*