Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

UNICEF Puji Kabupaten Gowa sebagai Daerah Layak Anak

ilustrasi

Navigasinews – Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan patut berbangga atas ditunjuknya kabupaten berjuluk Butta Bersejarah ini sebagai percontohan Pusat Pelayanan Kesejahteraan Anak Integratif (PPKAI).

Gowa menjadi salah satu daerah dari lima kabupaten yang ditunjuk sebagai percontohan di Indonesia dan diresmikan, Kamis (10/11).

Perwakilan dari United Nations Children’s Fund (UNICEF), Astrid Gonzaga Dionisios, memuji Gowa sebagai daerah layak anak. Apalagi dengan hadirnya PPKAI, anak-anak di Gowa sudah bisa memiliki tempat menyampaikan keluhan dan memeroleh dukungan.

“Saya menghadiri semua peresmian. Tapi peresmian di Gowa adalah hal yang unik, karena bersamaan dengan Hari Pahlawan. Kami dari UNICEF mengucapkan selamat pada Gowa, karena sudah ada tempat bagi anak-anak menyampaikan keluhan dan memperoleh dukungan,” terangnya saat memberikan sambutan.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan atas respon positifnya pada peningkatan pelayanan anak. “Peluncuran PPKAI adalah hal bagus untuk Gowa dan Indonesia. Gowa telah mencanangkan sebagai daerah layan anak, kami pastikan Gowa dapat dukungan dari UNICEF,” ujarnya.

Gowa, lanjutnya, di dalam masalah pendidikan dalam hal pendidikan dasar sudah sangat baik. “Saya tahu semua sektor utama di Gowa bekerja bersama-sama dalam memenuhi kebutuhan anak-anak. Tapi layanan akan efektif, jika didukung oleh pekerja sosial yang terlatih. Ini membutuhkan anggaran yang memadai,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyampaikan harapan besarnya pada generasi saat ini. “Anak adalah investasi negara ini. Kalau mau lihat daerah ini berkembang, kita harus lihat bagaimana anak-anak kita sekarang ini. Kian hari kasus kekerasan pada anak meningkat sehingga perlu perhatian serius,” terangnya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Syamsuddin Bidol membenarkan jika Gowa jadi salah satu dari lima kabupaten di Indonesia yang jadi percontohan. “Kabupaten Gowa adalah salah satu dari lima kabupaten/kota yang menjadi percontohan di tingkat nasional, kerjasama Kementrian Sosial Republik Indonesia dengan UNICEF,” kata Syamsuddin.

Syamsuddin menambahkan, pusat pelayanan yang berlokasi di Jl Beringin, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa ini bertujuan, untuk memberikan layanan bagi anak integratif dan juga membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin, dan rentan berdasarkan profil dalam basis data terpadu dan menghubungkan mereka dengan, program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

“Kedua layanan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai upaya memberikan perlindungan kepada anak dan menangani sosial kemasyarakatan,” tambahnya. Pada kesempatan yang sama juga diluncurkan Sistem Layanan Rujukan Terpadu Sikamaseang.

Peluncuran PPKAI ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Lesmana Jasmin, perwakilan Unicef, Astrid Gonzaga Dionisios, Ketua PKP2TPA Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dan para pekerja sosial se-Kabupaten Gowa.

Pada kesempatan yang sama, Bupati juga meresmikan kantor Sekretariat Forum Kabupaten Sehat dimana forum ini diketuai oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan.

Sumber: Rakyatku.com

Be the first to comment on "UNICEF Puji Kabupaten Gowa sebagai Daerah Layak Anak"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*