Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Ribuan Pelajar Dari 23 Kabupaten Ikut Pasanggiri Angklung

Peserta Pasanggiri Angklung

Navigasinews – Sebanyak 1035 pelajar tingkat SMP dan SMA mengikuti Pasanggiri Angklung Jabar di Teater Tertutup Balai Pengelolaan Taman Budaya Provinsi Jabar Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A, Kota Bandung, Rabu (9/11/2016).

Ribuan peserta pasanggiri itu berasal dari 23 kota/kabupaten yang ada di Jabar untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung selama sehari itu.

Antara lain, Kota Cimahi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Majalengka, Kota Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, Kota Bandung, dan Kabupaten Subang.

Selain itu, Kota Depok, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sukabumi, Kota Banjar, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta, Kota Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

Kepala Bidang Kesenian dan Perfilman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Eddy Setiadi Erawan, menjelaskan, kegiatan pasanggiri merupakan ajang untuk melestarikan, mengembangkan, memanfaatkan, dan mengangkat seni angklung.
Menurutnya, pelestarian seni angklung merupakan tanggungjawab semua pihak.

“Ini juga menanamkan kesadaran serta kepedulian pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait akan seni tradisi di Jabar,” kata Eddy di Taman Budaya Provinsi Jabar.
Eddy pun menyebut, kegiatan itu juga mencari bakat-bakat muda untuk menjadi generasi penerus seniman di bidang angklung yang ada di Jabar.

Tak hanya itu, lanjutnya, kegiatan pasanggiri juga menginformasikan dan memublikasikan seni-seni khas masing-masing kabupaten yang mengangkat nilai-nilai budaya lokal.

“Kami juga ingin mengangkat seni budaya Jabar yang telah lama tidak ditampilkan atau dipergelarkan,” kata Eddy
Eddy mengatakan, peserta pasanggiri merupakan pelajar SMP hingga SMA atau berusia 13 sampai 18 tahun. Adapun jumlah personal dalam satu grup peserta perwakilan kabupaten/kota sebanyak 45 orang.

Masing-masing peserta menampilkan satu buah lagu wajib, yaitu Berkibarlah Benderaku Ciptaan Gombloh dan lagu pilihan bebas kreasi baru dengan sumber ide garapan, music, kostum dan tata busana yang ada di daerah masing-masing.

“Hasil penilaian seluruh peserta yang tampil, akan menetapkan Juara 1 hingga 3, hHarapan 1 hingga 3 serta Juara Favorit,” kata Eddy.

Be the first to comment on "Ribuan Pelajar Dari 23 Kabupaten Ikut Pasanggiri Angklung"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*