Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemenangan Donald Trump Tak Mempengaruhi Ekonomi Indonesia

Donald Trump, Presiden Terpilih Amerika Serikat

Navigasinews – Bank Indonesia (BI) menganggap kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS tidak akan membawa dampak yang terlalu signifikan terhadap perekonomian di Indonesia. Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan bahwa ekonomi Indonesia kini cukup kuat dan tidak akan terpengaruh oleh isu pilpres AS.

“Secara keseluruhan memang itu (Pilpres) berdampak kepada kondisi pasar keuangan global, tapi dampaknya terhadap Indonesia itu relatif terjaga,” ujar Perry di Gedung BI, Rabu (9/11).

Lebih lanjut Perry mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,02% di triwulan III 2016 cukup bagus. Selain itu Presiden Jokowi juga mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih tinggi pada triwulan IV 2016 dengan belanja pemerintah yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Dan itu tentu saja sebagai berkat bahwa confident internasional khususnya investor internasional terhadap kondisi ekonomi kita cukup kuat,” paparnya.

Sejalan dengan Perry, Menko Perekonomian Darmin Nasution juga memprediksi bahwa hasil pilpres AS tak akan terlalu mempengaruhi ekonomi Indonesia. “Bahwa ekonomi kita baik-baik saja, bukan bencana ekonomi, jangan dianggap sesuatu yang berlangsung dalam waktu panjang,” ungkap Darmin di Jakarta, Rabu (9/11).

Selama beberapa hari belakangan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memang cukup rendah. Walau demikian, Perry mengaku masih dapat mengantisipasi pergerakan rupiah. “Bank Indonesia tentu saja kami akan pantau perkembangan di pasar dan kalau terjadi volatilitas atau fluktuasi yang tinggi BI tidak segan-segan untuk stabilkan kurs. Kebijakan nilai tukar kita selalu stabilkan kurs sesuai fundamental,” tegasnya.

Be the first to comment on "Kemenangan Donald Trump Tak Mempengaruhi Ekonomi Indonesia"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*