Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jokowi: TNI dan Polri Mempersatukan Indonesia

Kapolri Komjenpol Tito Karnavian bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Navigasinews – Presiden Joko Widodo meminta kekompakan Tentara Republik Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI terus dijaga. Dia mengatakan, kekompakan TNI dan polri menjadi perekat kemajemukan yang ada di Indonesia. Itu sebabnya, kekompakan TNI dan polri yang telah ditunjukan di lapangan khususnya pada 4 November 2016. Menurut Jokowi kekompakan itu harus terus dijaga, terus dirawat, terus dilanjutkan di semua tingkatan.

“Saya yakin ketika TNI dan Polri solid, kompak, bersatu, maka kita akan bisa mempersatukan Indonesia, mempersatukan ras yang berbeda-beda mempersatukan suku yang berbeda-beda, mempersatukan agama yang berbeda-beda yang ada di negara kita, dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa kita,” kata Jokowi

Hal itu disampaikannya saat memberi arahan kepada 2.185 panglima komando utama TNI beserta prajurit TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) di Mabes TNI AD, Jakarta, Senin, 7 November 2016. Kekompakan itu, kata Jokowi harus digalang dari atas, para perwira sampai ke prajurit-prajurit. Hal ini menurutnya penting sekali termasuk koordinasi dan sinergi dalam menjalankan tugas negara.

Jokowi mengatakan, 17 ribu pulau di Indonesia, kaya dengan suku, ras, dan agama yang berbeda-beda. Itu sebabnya, semangat melawan perpecahan dan menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menurut dia harus terus diingatkan. “Tidak hanya satu dua (ras), berbeda-beda. Kalau hal itu tidak kita tegaskan secara berulang-ulang, kita menjadi lupa, tidak ingat,” kata Jokowi.

Itu sebabnya, Jokowi ingin mengingatkan seluruh prajurit TNI. Apalagi TNI dan Polri dipandang Jokowi sebagai perekat yang bisa mempersatukan.

Sumber:

Be the first to comment on "Jokowi: TNI dan Polri Mempersatukan Indonesia"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*