Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Barisan Capai 2 KM, Aksi Bela Islam di Medan Aman Terkendali

Massa Aksi Bela Islam Di Medan Sumatra Utara (4/11/2016) [Foto: Okezone]

Navigasinews – Ribuan Muslim di Medan, Sumatera Utara, mengikuti aksi nasional dalam rangka mendesak pihak kepolisian segera menangkap gubernur nonaktif DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang saat ini tersangkut kasus dugaan penistaan agama, akibat pidatonya yang menyinggung Alquran di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Awalnya ribuan Muslim berkumpul di Masjid Agung Medan, lalu mereka melakukan longmars dan bergabung dengan massa lainnya yang sudah berkumpul di masjid-masjid sepanjang jalan menuju Polda Sumatera Utara. Mereka bahkan menciptakan barisan hingga sepanjang 2 kilometer.

“Tadi ada yang kumpul di Masjid Agung Medan, terus habis Salat Jumat mereka longmars ke Polda. Barisan tadi dari mulai Jalan Halat sampai Simpang Limun. Kurang lebih 2 kilometer. Sampai di Polda kita bergabung dengan massa aksi yang sudah datang dari Deliserdang,” ujar Budi, salah seorang peserta aksi, Jumat (4/11/2016).

Aksi longmars tersebut yang mencapai 2 kilometer ini sempat membuat ruas jalan Sisingamangaraja mengalami kemacetan panjang. Namun kesigapan petugas membuat aksi longmars bisa berjalan dengan baik dan kondusif. Polisi bahkan terpaksa mengalihkan arus kendaraan roda empat ke atas melalui jalan tol karena ruas jalan di depan Mapolda Sumut telah menjadi lautan manusia.

“Sejauh ini berjalan tertib. Semuanya berjalan lancar. Kondisinya ramai meriah dengan demonstrasi solidaritas seperti di Jakarta,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Di Mapolda Sumatera Utara, ribuan umat muslim itu menyampaikan aspirasi mereka, agar kepolisian mempercepat penanganan kasus penistaan agama yang menyeret Ahok. Polisi pun diminta segera menetapkan Ahok sebaga tersangka.

Be the first to comment on "Barisan Capai 2 KM, Aksi Bela Islam di Medan Aman Terkendali"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*