Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kapolri Minta Restu Warga Indonesia Gelar Sidang Interpol

Kapolri, Komjenpol Tito Karnavian

Navigasinews – Sambut sidang umum interpol ke-85 di Bali pada November nanti, Polri menggelar kirab 190 bendera peserta sidang di kawasan Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat. Di acara ini dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Luar Negeri Retno Mursidi.

“Sidang ini (sidang umum Interpol) adalah sidang terbesar kedua setelah sidang majelis PBB. Sidang ini khusus untuk para penegak hukum,” kata Tito, Minggu (30/10).

Di kesempatan itu, pihaknya meminta restu warga untuk kesuksesan sidang Interpol yang rencananya akan digelar di Bali pada 7-10 November 2016.

“Ini (pelaksanaan Sidang Umum Interpol) adalah kebanggaan kita karena Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah. Mohon doa restu Bapak dan Ibu agar acara sidangnya lancar sehingga bisa mengangkat citra Indonesia di mata dunia,” sambung dia..

Dalam sidang umum Interpol tersebut, tercatat akan dihadiri oleh 1.200 delegasi dari 154 negara anggota Interpol, sepuluh Sub Biro Interpol, pengamat dari organisasi internasional, eksibitor dan jurnalis dari dalam maupun luar negeri.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya bangga Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Sidang Umum Interpol.

Menurutnya jalinan kerja sama Polri dengan Interpol sangat dibutuhkan dalam penegakkan hukum di Indonesia.

“Pasalnya ada sejumlah kejahatan lintas negara seperti terorisme, penangkapan ilegal, perdagangan manusia dan peredaran narkoba yang tidak bisa ditangani oleh Indonesia sendiri melainkan membutuhkan kerja sama polisi di sejumlah negara,” ucap dia.

Kirab 190 bendera negara ini adalah simbol keikutsertaan 190 anggota Interpol dalam acara Sidang Umum Interpol ke-85. Bendera-bendera negara anggota Interpol itu diarak dari Monas hingga ke Bundaran Hotel Indonesia.

Dalam acara ini, warga disuguhkan dengan berbagai atraksi seperti marching band dari Drum Corps Cenderawasih Taruna Akademi Kepolisian, defile 190 bendera negara anggota Interpol oleh Purna Paskibraka Indonesia, aksi polisi cilik, dan polisi udara.

Acara ditutup dengan pelepasan ratusan balon oleh Kapolri dan Menlu. Ratusan balon berwana biru tua dan biru muda tersebut sebagai lambang Interpol.

Sumber: Jawapos.com

Be the first to comment on "Kapolri Minta Restu Warga Indonesia Gelar Sidang Interpol"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*