Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Dorong Ekonomi Syariah, Jokowi Pimpin KNKS

Ilustrasi Ekonomi Syariah

Navigasinews – ubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, Presiden Joko Widodo didaulat memimpin Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), setelah terbitnya Perpres tentang lembaga tersebut.

Di sela acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di Surabaya, Jumat (28/10/2016), Agus mengatakan, perpres tersebut bakal diteken bulan depan. “Kami telah menggelar high level meeting untuk persiapan terbitnya Perpres KNKS, dan juga telah selesai ditandatangani menteri terkait, serta sudah dikirim ke kantor presiden,” kata Agus.

Mantan menteri keuangan era SBY ini mengatakan, KNKS dipersiapkan untuk menghadapi tantangan sektor perekonomian syariah. Mulai sektor umum, keuangan, perbankan, asuransi, pasar modal, serta pengelolaan dana tabungan haji yang dikelola Kementerian Agama.

Kata mantan Dirut Bank Mandiri ini, KNKS juga berfungsi untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga dan upaya yang direkomendasikan ke depan bagi perekonomian syariah. “Banyak pembahasan juga tentang kesiapan Sumber Daya Manusia, karena untuk mengembangkan keuangan syariah perlu mempersiapkan SDM yang bisa mengelola dengan baik,” kata Agus.

Agus mengakui, kesiapan sistem dan regulasi ekonomi dan keuangan syariah saat ini juga perlu ditingkatkan, khususnya terkait tata kelola sebab porsi sektor keuangan syariah dinilai belum cukup berkembang.

Saat ini, kata Agus, sektor perbankan syariah baru mengambil porsi sekitar 4,8%, meski ekonomi syariah memiliki potensi untuk tumbuh lebih besar. “Oleh karena itu, untuk menetapkan langkah strategis ke depan akan dilakukan koordinasi, dan Presiden Jokowi langsung yang akan menentukan dan menyiapkan agar bisa tumbuh dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang,” katanya.

Sumber: Inilah.com

Be the first to comment on "Dorong Ekonomi Syariah, Jokowi Pimpin KNKS"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*