Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Bebas Politik, Duet Jonan-Arcandra Diramalkan Sukses Benahi Sektor ESDM

Presiden Joko Widodo Saat Melantik Duet Jonan-Arcandra Sebagai Menteri Dan Wakil Menteri ESDM

Navigasinews – Belum meratanya pendistribusian energi, mahalnya harga BBM di pelosok, hingga minimnya eksplorasi migas menunjukan bahwa sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM) di Indonesia masih sangat buruk.

Menurut Anggota DPR Anggota Komisi VII DPR Ri Zulkiefimansyah buruknya tata kelola sektor ESDM di Indonesia lantaran banyaknya pihak politik yang ikut campur di dalamnya. Sebab sektor ini dianggap paling mumpuni untuk membiayai kegiatan politik.

“Saya katakan kaidah dasarnya itu di setiap negara berkembang, sepanjang political cost mahal maka sektor energi akan menjadi mudah jadi bancakan,” ujarnya dalam Talkshow Akhir Pekan Polemik Sindotrijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Oleh karena itu menurut Zul, menjadi sangat penting untuk melihat siapa yang diposisikan menjadi Menteri ESDM. Menurutnya keputusan Presiden Joko Widodo memilih Ignasius Jonan menjadi Menteri ESDM dan Arcandra Tahar jadi wakilnya cukup tepat.

Sebab keduanya bukan berasal dari kalangan elit politik. “Saya melihat sosok dua orang di Kemeterian ESDM itu tidak punya kepentingan politik. Karena itu hanya harapan kita. Mereka juga konsisten dan tidak ada hidden agenda, maka kami percaya,” imbuhnya.

Zul juga menangkis keraguan banyak pihak kepada Jonan yang minim pengalaman di sektor energi. Menurutnya saat ini yang butuhkan untuk menjadi Menteri ESDM adalah orang yang berani, tegas, jujur dan konsisten bukan hanya sekedar pengalaman.

“Jadi tidak masalah tidak mengerti. Wong sebelum-nya juga gelarnya Ph.D semua kok, tapi ternyata apa? ujung-ujungnya kepentingan politik juga,” pungkasnya.

Sumber: Okezone

Be the first to comment on "Bebas Politik, Duet Jonan-Arcandra Diramalkan Sukses Benahi Sektor ESDM"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*