Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Cara Memanfaatkan Sinar Matahari Pagi Dengan Benar

manfaat sinar matahari pagi

Navigasinews – Biasakanlah diri anda dengan berjemur selama kurang lebih 30 menit setiap hari di bawah sinar matahari Pagi. Hal tersebut penting karena kandungan dalam tubuh kita akan bereaksi mengontrol keseimbangan tubuh jika dilakukan dengan rutin.

Meskipun memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, namun para ahli mengingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. Jadi pastikan memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan sinar matahari serta melindungi kulit dengan mengenakan topi, pakaian yang tepat, atau menggunakan sun screen.

Anda harus perhatikan cara agar dapat memperoleh manfaat sinar matahari pagi secara sempurna. Sebaiknya anda memmbiasakan hal-hal berikut ini.

1. Bangun pagi

Pastinya anda tidak akan menikmati manfaat besar sinar matahari pagi jika anda bangun kesiangan. Maka dari itu, bangunlah sepagi mungkin agar dapat menikmati matahari pagi.

2. Lakukan Aktifitas peregangan

Selama tertidur, badan anda telah memanfaatkan energi yang cukup besar. Selain itu badan anda masih terasa kaku dan butuh peregangan.

Beraktivitaslah seperti mencuci muka, membersihkan tempat tidur, lalu membuat air hangat. Bahkan menyiapkan sarapan.

3. Carilah tempat yang segar

Pergilah ke tempat dengan udara yang segar. Memang benar bahwa di pagi hari polusi udara belum terlalu banyak. Akan tetapi jika anda ingin sehat sebaiknya pilih tempat yang memberikan suasana yang jauh lebih segar.

4. Jangan lebih dari 30 menit

Sunburn atau kulit terbakar matahari adalah kondisi yang disebabkan oleh sinar radiasi UVB yang terlalu tinggi dan ini (radiasi UVB) juga dapat menyebabkan kerusakan DNA. Meski demikian, jika dimanfaatkan dalam jumlah yang tepat, sianr matahari dapat membuat kita menjadi lebih sehat dan tentunya bahagia

Yang perlu dihindari adalah pajanan sinar UV terutama antara pukul 10.00 sampai 16.00. Para ahli berpesan, sangat tidak disarankan untuk berjemur di antara waktu-waktu tersebut, karena UV dapat merusak kulit dan memicu timbulnya kanker.

Sinar matahari adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk yang berada di bumi ini, terutama bagi manusia. Ketika bangun di pagi hari disaat cuaca yang cerah, Anda menghirup udara yang segar dan menghangatkan tubuh Anda di bawah terik sinar matahari yang membuat tubuh dan kulit Anda terasa cerah di pagi hari, karena matahari dipagi hari sangat bagus bagi kesehatan Anda.

Ayo, besok pagi berjemur bareng yuuuk.

Be the first to comment on "Cara Memanfaatkan Sinar Matahari Pagi Dengan Benar"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*