Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Menaker Dorong Peningkatan Industri Kerajinan Lokal

Menteri Tenaga Kerja (Menaker), M. Hanif Dhakiri.

Navigasinews – Menteri Ketenagkerjaan, M. Hanif Dhakiri mendorong peningkatan kerajinan lokal yang melibatkan anak muda di seluruh Indonesia. Saat ini, banyak kerajinan lokal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian sehingga banyak menyerap tenaga kerja.

Salah satunya seperti yang dilakukan produsen batik, Ambah Batik yang memanfaatkan kemampuan anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Galeri Batik Kudus, Batik Pekalongan, dan Batik Solo. Sekitar 20 persen koleksi siap pakai dikerjakan oleh murid SMK Bogor untuk membatik, menjahit, dan finishing.

“Semua ini adalah karya anak bangsa yang perlu di-support. Dalam pembuatannya melibatkan anak-anak muda bangsa. Hasilnya pun cukup bagus serta sangat kreatif dan inovatif,” kata Menaker Hanif, dalam keterangannya, Sabtu (6/8).

Menurut Hanif, selama ini batik sudah menjadi simbol dari hasil kebudayaan Indonesia. Setiap pengangkatan motif pasti karena ada pesan sosialnya. Terutama, mengenai kebermanfaatan manusia, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Ambah Batik sendiri saat diluncurkan mengusung tagline Merawat Tradisi, Membagi Hati, tidak hanya memiliki misi melestarikan budaya Indonesia, tetapi juga bertujuan mendukung anak-anak muda untuk memiliki keterampilan dan kreativitas di bidang fashion.

Pendiri Ambah Batik, Dina, menjelaskan, saat ini Indonesia sudah mampu menciptakan produk batik hasil karya siswa SMK yang berkualitas, memiliki ciri khas, kreatif, dan inovatif serta memperkaya seni budaya Indonesia.

“Jadi anak SMK itu kita latih. Tetap kita libatkan disupervisi dari mencelup kain dan canting. Jadi quality control tentunya akan tetap terjaga,” kata Dina.

Diakui, pihaknya sengaja melibatkan anak SMK agar seluruh kemampuan dan keterampilannya dapat terasah. Sehingga, jika lulus kelak, dapat mengembangkan sendiri segala keterampilannya.

Sumber: Beritasatu

Be the first to comment on "Menaker Dorong Peningkatan Industri Kerajinan Lokal"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*