Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Golkar Setuju Peningkatan Anggaran untuk Parpol

Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto

Navigasinews – Partai Golkar (PG) mendukung wacana peningkatan anggaran bagi partai politik (parpol). Pembiayaan harus pada komposisi yang seimbang atau proporsional.

“Kami dukung sekali. Itu untuk kebaikan parpol,” kata Ketua Umum (Ketum) PG Setya Novanto saat berkunjung ke redaksi Suara Pembaruan dan Beritasatu di Plaza Beritasatu, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (4/8).

Novanto diterima Pemred Suara Pembaruan Primus Dorimulu dan pimpinan Beritasatu TV Don Bosco Selamun.

Novanto didampingi sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar seperti Yahya Zaini, Satya Yudha, Darul Siska, Happy Bone, Tantowi Yahya, Sari Yulianti, Ace Hasan Zazali, Melki Lakalena, dan Nurul Arifin.

Novanto menjelaskan, dana yang dikucurkan ke parpol saat ini sangat kecil. Dana yang tersedia tidak seimbang dengan kebutuhan parpol. Akibatnya, parpol mencari tambahan lewat kadernya.

“Sekarang Rp 108 per suara. Bagi Golkar, setelah dikali jumlah suara, total mencapai Rp 1,7 miliar per tahun,” ujar mantan Ketua DPR ini.

Dia menuturkan, biaya Golkar per bulan mencapai Rp 8 miliar hingga Rp 8,5 miliar. Biaya tersebut mencakup biaya operasional, pembuatan program, konsolidasi ke daerah, dan biaya perjalanan.

“Itu belum termasuk biaya program-program besar. Jadi dana yang sekarang sangat tidak cukup,” ungkapnya.

Menurutnya, citra yang ada saat ini, kader partai, terutama yang ada di parlemen mencari dana untuk partai. Padahal, apa yang dilakukan kader adalah swasembada untuk membiayai partai.

“Itu sasembada kader. Semuanya saling kontribusi,” tutupnya.

Dia berharap ada peningkatan pendanaan di masa mendatang. Peningkatan bergantung kesepakatan. Setidaknya bisa proporsional antara kebutuhan partai dengan dana yang tersedia.

Sumber: Suarapembaruan

Be the first to comment on "Golkar Setuju Peningkatan Anggaran untuk Parpol"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*