Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

TKI Purna Segera Nikmati Jaminan Sosial dari Korea

Aksi Permintaan Perlindungan Terhadap TKI

Navigasinews – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid mengapresiasi upaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dalam membantu TKI yang pernah bekerja di Korea mengklaim program Jaminan Hari Tua (JHT).

“Ini kabar gembira bagi TKI Purna Korea belum sempat mengklaim JHT dari The National Pension Service (NPS) Republic of Korea,” ujar Nusron di Jakarta, Selasa (2/8).

BPJS Ketenagakerjaan dan NPS Republic of Seoul telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang menyepakati kerjasama dalam pelayanan informasi dan klaim Jaminan Sosial bagi TKI yang bekerja di Korea dan Tenaga Kerja Asing (TKA) Korea yang bekerja di Indonesia, tanggal 29 Juli 2016 di Kantor NPS Republic of Seoul, Seoul, Korea Selatan.

Pada kesempatan yang sama juga di tanda tangani Mutual Cooperation for Capacity Building, khususnya untuk mendukung penguatan penanganan program pensiun. Dalam nota kesepahaman ini akan memperkuat skema pensiun kedua negara dengan melakukan kerjasama antara lain berupa sharing pengetahuan dan pengalaman, pertukaran karyawan, penempatan tenaga ahli masing-masing negara, dan melakukan training serta group discussion bersama.

Langkah tersebut merupakan tindak lanjut Kesepakatan Bersama antara KPK, BPJS Ketenagakerjaan, Kemenaker, BI, OJK, Gubernur Jabar dan 9 Bupati di wilayah Jawa Barat pada tanggal 13 Mei 2016. Kesepakatan dimaksud berupa Komitmen Bersama Poros Layanan TKI Terintegrasi di Jawa Barat yang merupakan pilot project membangun program Poros Layanan TKI Terintegrasi di Daerah Asal.

Terdapat tujuh layanan bagi TKI dan keluarganya yang disasar dimana salah satunya adalah penyelesaian asuransi TKI Purna Korea asal Jawa Barat. Untuk program ini, BPJS Ketenagakerjaan yang ditunjuk menjadi koordinator program. Sekitar Rp. 100 miliar dana JHT yang tersimpan di NPS Republic of Korea yang sebagian besar merupakan milik TKI Purna Korea asal Jawa Barat.

Dengan adanya MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan NPS Republic of Seoul, maka program layanan penyelesaian asuransi TKI Purna Korea asal Jawa Barat akan segera terlaksana. “Ini merupakan komitmen saya bersama dengan Gubernur Jawa Barat yang ingin TKI Purna Korea bisa menikmati uang pensiunnya,” ujar Nusron Wahid.

Dengan adanya program ini, tidak hanya akan dinikmati oleh TKI Purna Korea asal Jawa Barat saja, namun seluruh TKI Purna Korea se-Indonesia akan bisa mengklaim JHT mereka. Sehingga tidak perlu khawatir lagi bagi TKI Purna Korea yang belum sempat menyelesaikan proses klaim JHT di Korea, mereka bisa menyelesaikan proses klaim tersebut di Indonesia melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Sumber: berita.suaramerdeka.com/tki-purna-segera-nikmati-jaminan-sosial-dari-korea/

Be the first to comment on "TKI Purna Segera Nikmati Jaminan Sosial dari Korea"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*